Ada Nama Istri Kades Masuk Daftar Penerima Bansos

MENGANTRE: Sejumlah warga menunggu antrean mengurus pencarian bantuan sosial.

JEPARA – Data penerima bantuan sosial (bansos) di Kabupaten Jepara masih ambrul adul. Berdasarkan informasi ada nama istri kepala desa atau petinggi, Aparatur Sipil Nasional (ASN), perangkat desa, sekretaris desa, dan orang-orang mampu.

Petinggi Desa atau Kepala Desa Kawak Kecamatan Pakis Aji Eko Herry Purwanto mengakui, data yang diterima masih carut marut. Di desanya ada tiga istri perangkat desa yang namanya tercantum sebagai penerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Namun, dia tidak mengetahui nama istrinya dan perangkat desa bisa masuk data penerima KKS. “Kami pastikan bantuan ini tidak akan diambil. Jadi kami tangguhkan,'' tegasnya Rabu (13/5/2020).

Hal senada diungkapkan Sekretaris Desa atau Carik Desa Tedunan, Kecamatan Kedung, Ahmad Zen. Ada tiga perangkat desa yang menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) transfer dan satu penerima KKS.

''BST transfer masuk ke rekening istri saya sebagai carik, istri perangkat desa dan atas nama perangkat desa sendiri. Adapun istri petinggi di sini terdata penerima KKS,'' tuturnya.

Sampai saat ini dana BST belum digunakan. Rencananya akan dikembalikan dengan menunggu mekanisme pengembalian sesuai petunjuk Dinsospermades. Adapun KKS untuk istri petinggi ditangguhkan.

''Kami saat menerima bantuan bingung. Kok bisa istri kami menerima. Padahal, desa tidak pernah mengajukan,'' tuturnya. (epi)

Tidak ada komentar untuk "Ada Nama Istri Kades Masuk Daftar Penerima Bansos "