Dicarikan Melalui Rekening, 34 Ribu KK di Jepara Bakal Menerima BLT

MENGANTRE: Sejumlah warga hendak mengurus persyaratan pencarian BLT di Kantor Balai Desa Sowan Kidul, Kecamatan Kedung, Jepara.  


JEPARA – Bantuan Langsung Tunai (BLT) bakal dicairkan. Untuk Kabupaten Jepara bakal ada sekitar 34 ribu kepala keluarga (KK) yang mendapatkan BLT dari Dana Desa (DD). Masing-masing KK bakal menerima Rp 600 ribu per bulan.

Kepala Bidang Peguatan Lembaga Masyarakat dan Desa Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat, dan Desa (Dinsospermades) Kabupaten Jepara Ferry Yudha Adi Darma mengatakan, bantuan itu diberikan selama tiga bulan pada masa pandemi virus Covid-19 atau Korona. Nantinya akan disalurkan melalui rekening bank.

Ferry menambahkan, anggaran DD yang terserap untuk Jaring Pengaman Sosial (JPS) sebesar Rp 137,5 miliar. Berdasarkan pagu anggaran tersebut, seharusnya warga yang diterima BLT dari DD di Kabupaten Jepara sekitar 45 ribu KK.

Namun, imbuhnya, tidak semua desa dapat mengalokasikan maksimal. Sehingga DD untuk JPS terserap sekitar 34 ribu KK.

Dia mencontohkan Desa Bucu, Kecamatan Kembang, Jepara. warga yang menerima BLT dari DD sekitar 20 KK. Sebab, sebagian besar warga sudah menerima bantuan dari pemerintah pusat.

Untuk itu, pihaknya masih menunggu laporan dari Peraturan Petinggi (kepala desa) berkait penerima BLT DD. Saat ini dari 184 desa, baru 70 desa yang menyerahkan Peraturan Petinggi. “Di dalam Peraturan Petinggi tersebut disebutkan nama-nama penerima,” paparnya Selasa (12/5/2020). (epi)

Tidak ada komentar untuk "Dicarikan Melalui Rekening, 34 Ribu KK di Jepara Bakal Menerima BLT"