Diduga Pernah Kontak Positif Korona, 10 Warga Jalani Tes Swab


MENGECEK: Salah satu tenaga kesehatan RSUD RA Kartini Jepara memeriksa kelengkapan ruang isolasi untuk PDP.
JEPARA – Ada sekitar 10 warga Desa Banjaran, Kecamatan Bangsri, Jepara, yang menjalani tes swab. Tes tersebut dilakukan oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan (GTPP) Covid-19 Jepara. Selepas, ada satu warga desa tersebut yang dinyatakan positif terjangkit virus Covid-19 atau korona. 
Warga yang terjangkit tersebut belum lama ini pulang kampung dari Jakarta. Pulang karena merasakan gejala sakit. Saat tiba di Jepara, dia pulang ke rumah adiknya dan masih sakit. Lantas, dia diperiksakan ke Puskesmas Bangsri.
Saat di puskesmas belum menunjukkan perbaikan kondisi. Akhirnya dirujuk ke RSUD RA Kartini. Sehingga dinyatakan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan menjalani tes swab. Pasien menjalani perawatan beberapa hari di RSUD RA Kartini. Selepas kondisi membaik, PDP tersebut diperbolehkan pulang untuk menjalani isolasi mandiri. 
Saat menjalani isolasi mandiri, hasil swab-nya keluar. Pasien tersebut dinyatakan positif korona. Adanya hasil tersebut, Tim GTPP Covid-19 Jepara melakukan penelusuran jejak terhadap pasien. Berdasarkan keterangan yang diperoleh, ada sepuluh orang yang masuk daftar kontak dengan pasien. Untuk itu, warga yang kontak tersebut menjalani tes swab pada Rabu (6/5/2020).
Juru Bicara Tim GTPP Covid-19 Jepara dr Fachruddin mengatakan, sementara ini diketahui memililiki kontak erat. “Mereka sudah akan diambil sample specimen tenggorokannya untuk diproses swab,” jelasnya. 
Spicemen tenggorokan dari masing-masing warga akan dikirim ke laboratorium. Untuk itu, dia berharap bisa segera mendapatkan hasilnya. Warga yang menjalani tes tersebut juga diharapkan menjalani isolasi secara mandiri.
Tidak hanya itu, Tim TGPP Covid-19 Jepara juga akan terus melakukan pemantauan terhadap warga-warga tersebut. Pihaknya terus melakukan tracking adanya tambahan satu kasus baru ini. “Proses tracking masih dilakukan,” ujarnya. (epi)

Tidak ada komentar untuk "Diduga Pernah Kontak Positif Korona, 10 Warga Jalani Tes Swab"