Jogo Tonggo untuk Pastikan Tak Ada Warga Kelaparan

Plt Bupati Jepara Dian Kristiandi

JEPARA – Program Jogo Tonggo Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dinilai efektif. Untuk itu, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Jepara Dian Kristiandi mendukung dan melaksanakan program tersebut.

Andi-sapaan Dian Kristiandi menerangkan, program tersebut efektif untuk melawan penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Jepara. Melihat itu, pihaknya menginstruksikan kepada camat, petinggi, RW, dan RT untuk mengoptimalkan program Jogo Tonggo di wilayahnya masing-masing.

“Efektif untuk meminimalisasi persoalan-persoalan yang terjadi di tengah masyarakat. Mulai persoalan kasus Covid-19 hingga dampak yang ditimbulkannya,” paparnya Selasa (12/5/2020).

Program ini diketuai oleh ketua Rukun Warga (RW) yang dibantu ketua Rukun Tetangga (RT). Tugasnya melaporkan kegiatan sehari-hari kepada desa atau kelurahan. Ada empat bidang yang menjadi laporan. Di antaranya, kesehatan, ekonomi, sosial, dan keamanan.

Misalnya, ada warga yang pulang dari luar kota. Pihak Satgas mendata dan melaporkan kepada desa. Sedangkan, bidang ekonomi untuk memastikan tidak ada warga yang kelaparan selama wabah. “Termasuk, masyarakat yang mengalami kesulitan untuk memenuhi kehidupan sehari-harinya,” katanya.

Dengan gerakan tersebut, diharapkan setiap warga selalu menengok kanan dan kiri. Jika ada yang kesusahan, segera lapor RW untuk dicarikan solusi secara bersama-sama. “Jangan sampai muncul kasus kelaparan,” paparnya. (epi)

Tidak ada komentar untuk "Jogo Tonggo untuk Pastikan Tak Ada Warga Kelaparan"