Lapak Asik, Cairkan Klaim Tanpa Kontak Langsung

PELAYANAN: Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kudus telah meluncurkan program Lapak Asik.

KUDUS – Badan Penyenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Cabang Kudus tetap memberikan pelayanan. Meski saat ini tengah dalam pandemi Covid-19.

Dalam memberikan pelayanan dapat dilakukan tanpa kontak fisik secara langsung. Sebab, BPJAMSOSTEK Cabang Kudus telah meluncurkan Layanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik). Layanan ini diluncurkan sejak 23 Maret lalu. Meski baru beroperasi, layanan ini telah dimanfaatkan 3.544 tenaga kerja.

Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Kudus Ishak menerangkan, Lapak Asik mampu memudahkan peserta dalam pencairan klaim. “Tentu dengan memperhatikan keamanan data dan dana dari peserta,” ujarnya Sabtu (2/5/2020).

Pengajuan klaim melalui Lapak Asik ini memudahkan peserta. Dimulai dari pendaftaran hingga proses transfer dana ke rekening bank milik peserta.

Lapak Asik ini didesain sedemikian rupa agar peserta tidak perlu datang ke kantor cabang untuk melakukan klaim. Hanya berbekal koneksi internet dan perangkat telepon seluler yang mendukung aplikasi WhatsApps. Alat tersebut sebagai sarana melakukan panggilan video.

Untuk itu, Ishak menerangkan peserta yang mengajukan klaim untuk memindai dokumen yang dibutuhkan yang dikirimkan melalui email. Selain itu, memastikan nomor telepon yang digunakan bisa menerima panggilan video untuk kebutuhan verifikasi oleh petugas.

Menurutnya, sebelum memakai layanan Lapak Asik dapat belajar lebih dulu dengan mengakses kanal resmi BPJAMSOSTEK. ''Jangan sampai dana JHT yang sudah ditabung selama bekerja malah dimanfaatkan pihak-pihak tidak bertanggung jawab untuk meraup keuntungan sendiri, karena praktek percaloan sarat dengan penipuan,'' terangnya.

Lapak Asik ini, imbuhnya, bisa dimanfaatkan untuk layanan program Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) hingga jaminan pensiun (JP). ''Kami mencairkan klaim dari tenaga kerja sekitar Rp 21,93 miliar,'' ungkapnya. (epi)

Tidak ada komentar untuk "Lapak Asik, Cairkan Klaim Tanpa Kontak Langsung"