Pulang Kampung Bakal Dikarantina di BLK



DISIAPKAN: GTTP Covid-19 telah menyiapkan Gedung UPTD BLK sebagai lokasi karantina untuk warga yang pulang dari luar kota.
JEPARA – Gedung UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) biasanya sebagai tempat pelatihan warga. Namun, di tengah pandemic Covid-19, gedung itu akan beralih fungsi sementara. Karena dijadikan tempat karantina bagi warga Jepara yang pulang kampung.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Jepara telah menyiapkan Gedung milik Dinas Koperasi, UMKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinkopumkmnakertrans) Jepara sebagai lokasi karantina. Karena lokasi gedung di Desa Pecangaan Kulon, Kecamatan Pecangaan ini dinilai strategis dan layak sebagai tempat karantina.

Ada 12 kamar yang disiapkan. "Penyediaan karantina di BLK ini untuk memutus mata rantai penyebaran virus Korona di Jepara," ujar Edy Sujatmiko, Sekda Jepara yang juga Sekretaris 1 GTPP Covid-19 Jepara.

Apalagi, saat ini sudah banyak warga asal Kabupaten Jepara yang pulang kampung. Mereka bekerja dari berbagai daerah. Terutama, dari Jakarta.

Edy menambahkan, warga yang telah pulang mencapai 14.996 orang. Jumlah tersebut diperkirakan terus bertambah. “Akan terus bertambah seiring diberlakukannya PSSB di beberapa daerah," tuturnya saat didampingi Asisten 1 Setda Jepara Abdul Syukur dan Kalak BPBD Jepara Arwin Noor Isdiyanto.

Untuk warga yang tidak tertampung, sekda memaparkan, bisa melapor ke ketua RT atau RW. Agar pemerintah desa bersama tenaga kesehatan dapat melakukan monitoring berkala. "Dapat melakukan swakarantina di rumah selama 14 hari untuk kebaikan dan keselamatan kita semua," pesannya. (epi)

Tidak ada komentar untuk "Pulang Kampung Bakal Dikarantina di BLK"