Temukan Satu Kasus Baru, Kali Ini Orang Tanpa Gejala (OTG)

MENUNGGU: Tim kesehatan GTPP Covid-19 Kabupaten Jepara saat menggelar RDT terhadap pengunjung pasar tradisional dan pasar modern di Kabupaten Jepara.


JEPARA – Tiga hari berturut-turut ditemukan kasus baru Covid-19 atau Korona. Kali ini Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Jepara menemukan satu kasus baru.
Kali ini dialami pria berusia 25 tahun dari Desa Mayong Kidul, Kecamatan Mayong, Jepara. Pasien termasuk Orang Tanpa Gejala (OTG).

Juru Bicara Tim (GTPP) Covid-19 Kabupaten Jepara dokter Fakhrudin menerangkan, kasus ini diketahui dari pasien menjadi peserta pemeriksaan Rapid Diagnostic Test (RDT). Saat Tim GTPP menggelar pemeriksaan di Pasar Mayong menjelang Lebaran pada Sabtu (23/5/2020).

Dalam pemeriksaan itu, imbuhnya, pasien mengalami reaktif terhadap hasil RDT. “Saat di Pasar Mayong ada program pemeriksaan rapid test masal. Pasien berinisiatif sendiri melakukan pemeriksaan RDT,” jelasnya.

Atas kasus ini, Tim GTPP Covid-19 Kabupaten Jepara melakukan tindak lanjut dengan tracking dan traccing.  Dari hasil tracking, pasien merupakan pemudik dari Jakarta ke Jepara pada Sabtu (16/5/2020).

Sejak pulang dari Jakarta, tambahnya, pasien melakukan isolasi mandiri selama sepekan. Saat ini pasien juga masih diminta melakukan isolasi mandiri sambil menjalani penanganan yang dilakukan GTPP Covid-19 Jepara.

''Kami sudah melakukan traccing orang dekat pasien. Selama ini kontak langsung minim karena pasien telah melakukan isolasi mandiri,'' paparnya.

Atas temuan itu, pasien menjalani Test Cepat Monocular (TCM) di RSUD Kartini Jepara. Hasilnya telah keluar. Pasien dinyatakan positif terjangkit Covid-19. “Selama ini pasien sangat kooperatif,'' terangnya.

Terkait hasil swab terhadap pengunjung pasar dan swalayan lain yang melakukan RDT dan reaktif, masih menunggu hasilnya dari RSUD RA Kartini Jepara. Sedangkan, kemampuan TCM di RSUD RA Kartini terbatas 30 sampel setiap hari. Sementara, setiap pasien harus dilakukan Swab dua kali dengan jarak 24 jam.

Kini total pasien yang positif Covid-19 di Kabupaten Jepara menjadi 11 orang. Jumlah itu terdiri, enam orang masih dalam penanganan, empat orang sudah dinyatakan sembuh, dan satu orang meninggal dunia. (epi)

Tidak ada komentar untuk "Temukan Satu Kasus Baru, Kali Ini Orang Tanpa Gejala (OTG)"