Tiga Pelaku Perjalanan ke Jepara Dikarantina

BERHENTI: Bus yang membawa para pelaku perjalanan diberhentikan di depan Gedung BLK Kabupaten Jepara untuk menjalani pemeriksaan kesehatan.

JEPARA – Baru sehari dioperasikan, tiga Pelaku Perjalanan (PP) menjalani karantina di Gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Jepara. Sebelumnya, mereka menjalani tes kesehatan yang dilakukan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Jepara.
Sekretaris 2 Tim GTPP Covid-19 Kabupaten Jepara Arwin Noor Isdiyanto menerangkan, ada 23 PP menuju Kota Ukir dan satu PP hendak menuju Kudus. Mereka sebelumnya diberhentikan di pos penjagaan Nalumsari. Bus yang membawa PP tersebut dikawal menuju tempat karantina di BLK. “Semua masuk tempat karantina,” ujar Arwin Jumat (8/5/2020).
Selain itu, ada satu PP asal Keling turun di Kabupaten Pati. PP tersebut tercatat sebagai warga Keling. “Kami sudah koordinasi dengan Kecamatan untuk dilakukan monitoring dan pemeriksaan lebih lanjut," imbuhnya.
Dari jumlah PP itu, berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan tim medis Puskesmas Pecangaan ada tiga PP yang menjalani karantina. Selebihnya, menjalani karantina mandiri di rumah. Selepas, mereka menandatangani surat pernyataan. 
PP yang menjalani karantina mandiri di rumah dijemput Tim TGPP kecamatan masing-masing. Sehingga bisa dilakukan pemantauan lebih lanjut.
Pasca diresmikan oleh Plt Bupati Jepara Dian Kristiandi pada Kamis (7/5/2020), Gedung BLK langsung berfungsi. Ada kedatangan rombongan PP dari Bali. Mereka masuk Kabupaten Jepara sekitar pukul 12.30 Jumat (8/5/2020). 
Sementara itu, juru bicara TGPP Covid-19 Kabupaten Jepara dr Fakhrudin menambahkan, PP yang tidak memenuhi persyaratan karantina mandiri di rumah, akan dikarantina di BLK. Tidak memenuhi syarat karantina mandiri di rumah, antara lain disebabkan kondisinya tidak sehat, tidak mampu atau mempunyai anggota keluarga yang risiko tinggi, seperti bayi, balita, ibu hamil, lansia, dan penyakit kronis.
“Untuk PP yang melakukan isolasi mandiri diharapkan betul-betul disiplin. Selama 14 hari tidak keluar rumah dan menjaga kesehatan dengan baik," ungkapnya. (epi)

Tidak ada komentar untuk "Tiga Pelaku Perjalanan ke Jepara Dikarantina"