Kapal Terbakar, Terombang-ambing di Laut, 11 ABK Selamat

BPBD JEPARA
HAMPIR KARAM: KM Yucak asal yang terbakar di perairan Karimunjawa. 11 ABK berhasil diselamatkan .


JEPARA – Sebelas Anak Buah Kapal (ABK) KM Yucak sempat terombang-ambing di Laut Jawa. Pasalnya, kapal asal Kecamatan Juwana, Pati, yang mereka tumpangi terbakar dan tenggelam.

Saat kapal hendak karam para ABK berusaha menyelamatkan diri. Mereka berenang dengan menggunakan pelampung.

Berdasarkan informasi, KM Yucak terbakar pada Kamis (4/6/2020). Selepas berenang dua hari, salah satu ABK Tumurih, 45 tahun berhasil menyelamatkan diri pada Minggu (7/6/2020) di Desa Parang, Kecamatan Karimunjawa. Pia asal Desa Widuri, Pemalang ini terombang-ambing di lautan sekitar tiga hari.

Tumurih menjelaskan apa yang dialami kepada warga yang menyelamatkan. Pencarian terhadap 10 korban lain dilakukan oleh warga Kecamatan Karimunjawa. Para nelayan itu didukungan Polairud Karimunjawa.

Akhirnya delapan korban berhasil diselamatkan dan dibawa ke Pulau Parang oleh warga.  Sedangkan. dua korban lainnya telah diselamatkan kapal dari Jakarta.

Kepala BPBD Kabupaten Jepara Arwin Noor Isdiyanto mengaku, telah menerima laporan adanya kecelakaan laut. Para sembilan ABK yang telah ditemukan oleh masyarakat, telah mendapatkan perawatan di Puskesmas Pembantu Pulau Parang. Saat ini kondisinya membaik.

Mereka berhasil selamat karena pelampung yang diikat bersama dengan tali. Namun, saat di tengah laut terjadi gelombang besar. Gelombang itu membuat Tumurih terlepas dari teman-temannya. “Akhirnya berenang sendiri dan menyelamatkan diri ke Pulau Parang,” paparnya.

Sementara Camat Karimunjawa Karnanejeng menjelaskan, Tumurih ditemukan di dermaga Pantai Bengkok pada Minggu (7/6/2020) sekitar pukul 05.25 WIB. Dia ditemukan oleh Samian dan Muh Zaenal, warga Desa Parang yang saat itu sedang memberi makan ikan di keramba.

Kedua warga itu melaporkan ke pihak pemerintah desa. Kini korban dirawat di Puskesmas Parang. Warga yang mendapatkan informasi melakukan pencarian. Akhirnya KM Yucak ditemukan pada posisi 05°40’732 S/ 110°36’525 E oleh Taufik dan Koko warga Dusun Batulawang, Desa Kemujan, Kecamatan Karimunjawa. (epi)

Tidak ada komentar untuk "Kapal Terbakar, Terombang-ambing di Laut, 11 ABK Selamat"