Pasien Tak Jujur di RSUD Jepara, Tenaga Medis Akan Di-Swab

AKAN DI-SWAB: Sejumlah tenaga medis di RSUD RA Kartini Jepara akan di-swab akibat ada pasien yang tidak jujur.


JEPARA - Pasien tak jujur terjadi di Kabupaten Jepara. Padahal, berdasarkan hasil Swab dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Yakni, A asal Desa Karangaji, Kecamatan Kedung, Jepara.

Pria berusia 58 tahun ini diduga terpapar dari istrinya yang lebih dulu yang dinyatakan positif Covid-19. Sebelumnya, Ny, istri dari A ini sakit. Pedagang ikan tersebut dalam kondisi drop, sehingga mendapatkan perawatan di RSUD RA Kartini. Hingga Kamis (4/6/2020) masih dirawat di RSUD RA Kartini.

Tak selang lama A jatuh sakit. Dia juga dibawa ke RSUD RA Kartini. Saat itu mengeluhkan panas, diare, dan muntah. Dengan keluhan itu, pasien A mendapatkan perawatan inap di RSUD.

Namun, saat pemeriksaan A ditengarai tidak menyampaikan riwayatnya. Di antaranya, tidak menyampaikan bahwa istrinya menderita covid-19. Sehingga dirawat di ruang biasa.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Jepara dokter Fakhrudin menerangkan, temuan itu berdasarkan pemeriksaan di RSUD RA Kartini Jepara. Selepas menjalani perawatan, gejala yang dialami pasien mengarah ke Covid-19. Selepas di tes Swab, hasilnya positif.

Saat ini pihaknya mendata tenaga medis dan karyawan RSUD RA Kartini yang selama ini merawat pasien. Selain itu, pihaknya pernah bersentuhan dengan pasien A akan dilakukan pemeriksaan Swab. "Jumlah mencapai puluhan orang yang akan di-Swab,” ujar Fakhrudin.

Fahrudin berharap, warga yang berobat dimanapun menjelaskan riwayat perjalanan dan kontaknya. Hal ini sangat penting sebagai langkah antisipasi tenaga medis. "Harapan kami kasus di RSUD tidak terulang lagi," paparnya.

Selain itu, ada satu pasien positif Covid-19. Yakni, Ny M, 55 tahun. Perempuan asal Demak ini dirawat di RSUD RA Kartini Jepara. Pasien tersebut masuk pendataan Kabupaten Demak. Sehingga, hingga Kamis (4/6/2020) jumlah pasien postif Covid di Jepara mencapai 29 orang. Dari jumlah ini empat orang dinyatakan sembuh, dua meninggal dunia, dan 23 masih penanganan dan perawatan. (epi)

Tidak ada komentar untuk "Pasien Tak Jujur di RSUD Jepara, Tenaga Medis Akan Di-Swab"