Satu Keluarga Terpapar Covid-19, Lingkungannya di Swakarantina

PEMAPARAN KASUS: Juru Bicara Tim GTPP Covid-19 Kabupaten Jepara Dokter Fakhrudin.


JEPARA - Satu keluarga di Kecamatan Welahan, Jepara, positif terpapar Covid-19. Tim Gugus Tugas Percepatan Penanangan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Jepara, dalam satu keluarga ini ada enam orang.

Adanya kasus ini GTPP akan bergerak cepat. Rencananya Rabu (3/6/2020) akan melakukan tracing di lingkungan pasien. Selain itu, melakukan penutupan wilayah sekitar pasien.

Juru Bicara Tim GTPP Covid-19 Kabupaten Jepara Fakhrudin menyatakan, ada sekitar 200 warga yang akan menjalani Rapid Test. "Kami juga akan melanjutkan tracing untuk mencari kontak erat dengan yang terkonfirmasi positif covid,” ujar Fakhrudin pada Selasa (2/6/2020).

Untuk saat ini, GTPP Covid-19 melakukan langkah-langkah penanganan. Di antaranya merencanakan penutupan di wilayah pemukiman sekitar rumah pasien positif. "Semua warga di sekitar lokasi kejadian akan diminta untuk melakukan aktivitas di rumah masing-masing atau melakukan swakarantina," imbuhnya.

Kecamatan Welahan dan jajaran Muspika bersama dengan Satgas Kecamatan dan desa akan merumuskan kebutuhan- kebutuhan penutupan wilayah tersebut. Terutama berkaitan dengan masalah kebutuhan logistik dan lainnya. "Kami langsung melakukan langkah cepat menyikapi kasus ini," paparnya.

Dia menyatakan, kasus positif Covid-19 ini merupakan kluster dari pasien positif yang meninggal
 dunia. Pasien yang terpapar ini merupakan memiliki kontak dekat dengan pasien. “Mereka sudah masuk dalam daftar tracing yang dilakukan pekan lalu,” ujarnya.

Mereka merupakan istri, adik, dan empat anaknya. Saat ini mereka menjalani karantina mandiri. Sebab, mereka dalam status Orang Tanpa Gejala (OTG).


Dengan tambahan kasus positif baru ini, di Kabupaten Jepara dalam sehari terjadi penambahan delapan kasus positif. Totalnya saat ini menjadi 24 kasus positif dengan dua orang meninggal dunia, empat sembuh, dan 18 orang masih dalam pengawasan dan perawatan. (epi)

Tidak ada komentar untuk "Satu Keluarga Terpapar Covid-19, Lingkungannya di Swakarantina"