Delapan Karyawan Proyek PLTU TJB JeparaTerkonfirmasi Positif Covid-19 Tanpa Gejala

PERSIAPAN: Tenaga kesehatan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Jepara akan melakukan rapid test.


JEPARA – Kluster baru positif Covid-19 terjadi di Kabupaten Jepara. Sebelumnya, terjadi kluster di pedagang ikan di pasar tradisional dan tenaga kesehatan. Kali ini terjadi di perusahaan.

Yakni, ada delapan karyawan proyek PLTU Tanjung Jati Jepara yang saat ini terkonfirmasi positif Covid-19. Kabar ini dibenarkan oleh Junichi Tanimoto, Site General Manager Sumitomo Corporation yang membawahi Unit 5 dan Unit 6 PLTU Tanjung Jati B (TJB).

Junichi Tanimoto menyampaikan, karyawannya yang terkonfirmasi positif Covid-19 tanpa gejala.  Hasil ini diketahui setelah perusahaan melakukan upaya meningkatkan kepedulian dan kontrol terhadap penyebaran Covid-19.

Perusahaan melaksanakan rapid tes (RDT) untuk karyawan proyek. Dari hasil rapid tes ada sejumlah karyawan yang reaktif. Kemudian, langsung diisolasi mandiri dan dilanjutkan dengan swab. “Hasilnya pada Rabu (1/7/2020) ini ada delapan pegawai positif Covid-19 tanpa gejala,'' terangnya Rabu (1/7/2020) malam.

Delapan karyawan tersebut, jelasnya, empat di antaranya merupakan warga Jepara. Selebihnya, warga luar Jepara. Kini pihaknya bekerja sama dengan petugas medis setempat untuk terus memonitor kondisi kesehatan mereka.

Menurutnya, perusahaan telah melakukan tindakan pencegahan menyuluruh mulai dari wajib menggunakan masker, cuci tangan, disinfectant spray, jaga jarak fisik, dan pola hidup bersih dan sehat. Bahkan, telah mengatur karyawan bekerja dari rumah.

Ke depan, perusahaan akan memasang thermal camera dan semprotan diinfektan yang aman di tiga pintu masuk utama karyawan. “Dengan dukungan seluruh pemangku kepentingan, Proyek PLTU tetap berkomitmen melakukan langkah berkelanjutan agar penyebaran dapat segera terkontrol,” bebernya.

Bupati Jepara Dian Kristiandi menyampaikan, informasi mengenai karyawan PLTU yang positif covid-19 justru diterimanya dari provinsi. Hal ini karena yang bersangkutan dirawat di Rumah Sakit Rehatta. ''Kami langsung telusuri setelah ada informasi ini. Memang ada karyawan PLTU yang dirawat di RS Rehatta,'' terangnya. (epi)

Tidak ada komentar untuk "Delapan Karyawan Proyek PLTU TJB JeparaTerkonfirmasi Positif Covid-19 Tanpa Gejala"