Dua ASN Terpapar Covid-19, 30 ASN Jalani Rapid Test

DOK
AMBIL DARAH: Salah satu ASN di lingkungan Pemkab Jepara menjalani rapid test. 



JEPARA – Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 mulai merambah ke kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN). Hingga Selasa (14/7/2020) ada dua ASN di Kabupaten Jepara yang terpapar virus tersebut.

Terpaparnya dua ASN tersebut menambah daftar penderita Covid-19. Hingga Selasa (14/7/2020 jumlah pasien  yang terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai 724 orang.

Dari kasus ASN membuat sekitar 30 orang menjalani rapid test. Sebab, mereka dinilai memiliki kontak erat dengan dua ASN tersebut.

Dua ASN yang terkonfirmasi positif tersebut berasal dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jepara. Namun, ASN yang menjalani rapid test tidak hanya dari DLH.

ASN dari Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) juga menjalani rapid test. Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Jepara melakukan rapid test massal pada Selasa (14/7/2020) pagi.

Kepala DLH Kabupaten Jepara Farikhah Elida mengatakan, dua ASN yang dinyatakan positif merupakan pegawai yang aktif di lapangan. Untuk itu, rapid test dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya penularan.

Pihaknya sudah meminta agar semua pegawai di lingkungan DLH menjalani pemeriksaan rapid test. Terutama, para pekerja lapangan yang sehari-hari mengurusi sampah.

DLH, jelasnya, memiliki 168 tenaga lapangan. Sedangkan secara keseluruhan ada 300-an pegawai di lingkungan DLH Kabupaten Jepara. “Kemungkinan petugas di lapangan bisa saja terpapar dari sampah-sampah yang dibuang masyarakat,” jelasnya.

Namun, ada keterbatasan rapid test pack-nya. Kondisi itu membuat DLH memilih 10 petugas lapangan yang biasa mengambil sampah. Sedangkan, 20 orang lainnya merupakan pegawai yang selama ini diduga memiliki kontak erat dengan dua ASN tersebut.

Selain ASN di DLH, rapid test juga dilakukan kepada anggota Satpol PP dan Damkar Jepara. Kabid Penegakan di Satpol PP Kabupaten Jepara Anwar Sadat menyatakan, untuk kali ini hanya ada 15 orang. Sebelumnya, dari pegawai Satpol PP ada 43 orang yang di rapid test.

Saat ini baru para petugas yang di lapangan yang menjalani rapid test. “Lainnya belum. termasuk para petugas pemadam kebakaran,” paparnya. (epi)

Tidak ada komentar untuk "Dua ASN Terpapar Covid-19, 30 ASN Jalani Rapid Test"