Periksa Hewan Kurban, Temukan Sapi Cacingan

CEK GIGI: Petugas DKPP Kabupaten Jepara melakukan pemeriksaan kesehatan hewan menjelang Idul Adha.

JEPARA – Petugas Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Jepara menemukan penyakit cacing akut pada sapi. Temuan itu saat melakukan pemeriksaan kesehatan hewan di sejumlah pasar hewan. Seperti pemeriksaan di Pasar Hewan Mayong dan Pasar Hewan Bangsri.

Penyakit yang ditemukan selain cacing, yakni parasit pada kulit atau scabies dan sakit mata pada kambing. Selama menjalankan pemeriksaan, DKPP Kabupaten Jepara tidak menemukan penyakit hewan menular strategis. ''Secara umum, Jepara bebas dari penyakit hewan menular,'' terang Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPP Kabupaten Jepara Mudhofir di sela-sela pemeriksaan hewan di Pasar Hewan Mayong pada Rabu (22/7/2020).

Selain pemeriksaan ke pasar hewan, pihaknya akan melakukan pemeriksaan ke tempat-tempat penjual hewan tiban. Hal ini diperkirakan akan banyak muncul menjelang hari H Idul Adha.

Nantinya, pemeriksaan kesehatan hewan kurban juga dilakukan di tempat pemotongan seperti di masjid dan mushala. Pemeriksaan kesehatan di tempat pemotongan hewan ini dilakukan dengan melihat kondisi organ dalam, seperti paru-paru dan hati.

DKPP Kabupaten Jepara telah membuat tim untuk melakukan pemeriksaan hewan kurban sebelum disembelih dan nanti sesudah disembelih. Tim ini yang akan menyebar memeriksa hewan-hewan ke seluruh Kabupaten Jepara. Pemeriksaan ini dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan karena masa pandemi Covid-19. ''Ada 15 petugas yang menyebar ke seluruh kecamatan,'' ungkapnya. (epi)

Tidak ada komentar untuk "Periksa Hewan Kurban, Temukan Sapi Cacingan"