Usulkan Penambahan 3 Juta Tabung LPG Bersubsidi


                                                            Dok.Humas Pemkab Jepara
RAPAT VIRTUAL: Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Jepara Achid Setiawan Candraningrat mengikuti rapat dengan Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah. 

JEPARA –
Pemakaian LPG bersubsidi tabung tiga kilogram di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, terus meningkat. Dengan alokasi tahun ini sekitar 9.494.667 tabung diperkirakan tidak mampu mencukupi kebutuhan di tahun depan.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Jepara Achid Setiawan Candraningrat memaparkan, konsumsi LPG bersubsidi hingga Juli 2020 mencapai 6.001.720 tabung. Sehingga alokasi di tahun 2020 tersisa sekitar 3.492.947 tabung.

Namun, Achid menambahkan, perkiraan kebutuhan hingga akhir tahun mencapai 4.572.950 tabung. Sehingga sampai akhir tahun diperkirakan alokasi di Kabupaten Jepara terjadi kekurangan sekitar 1.080.003 tabung. 

“Kami mengajukan tambahan alokasi ke provinsi untuk tahun depan,” ungkapnya seusai mengikuti rakor virtual bersama Dinas ESDM Provinsi Jateng dari Ruang Kerja Bupati Jepara Dian Kristiandi pada Selasa (8/9/2020).

Data kekurangan tersebut, imbuhnya, menjadi salah satu acuan Pemkab Jepara dalam mengajukan alokasi penambahan kuota LPG tabung tiga kilogram pada 2021. “Kita sinkronisasikan dulu dengan provinsi. Mana saja dari usulan kita yang nantinya bisa masuk. Selanjutnya, kita laporkan ke Pak Bupati,” lanjutnya.

Pihaknya akan mengusulkan kuota LPG bersubsidi di tahun depan sekitar 13 juta tabung. Pengajuan hingga mencapai 3,5 juta tabung tersebut, di antaranya berdasarkan kebutuhan 168.021 KK di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan lebih dari 40 ribu UMKM. Dengan rasio konsumsi per KK mencapai empat tabung dan satu UMKM mencapai 10 tabung setiap bulan.

Kasubbag Sumber Daya Alam Bagian Perekonomian Setda Jepara Heru Sutamaji menambahkan, Pemkab Jepara akan terus melakukan upaya-upaya pengawasan terhadap distribusi LPG bersubsidi. Hal itu untuk menekan tingkat kebocoran atau penyimpangan di lapangan. (epi)

Tidak ada komentar untuk "Usulkan Penambahan 3 Juta Tabung LPG Bersubsidi"