Dibuka, Wisata ke Karimunjawa

JEPARA - Akibat pandemi covid-19 wisata ke Karimunjawa sempat ditutup. Penutupan itu sejak Maret lalu. Kini mulai dibuka lagi. 

Pembukaan itu sesuai dengan surat rekomendasi Bupati Jepara Nomor 556/3545 yang ditandatangani pada 13 Oktober 2020. Dalam surat tersebut, Bupati Jepara Dian Kristiandi menerangkan, pembukaan berdasarkan rekomendasi dan pertimbangan.

Di antaranya, berdasarkan hasil pelaksanaan simulasi tahap II reaktivasi wisata Karimunjawa pada Jumat (18/9/2020. Selain itu, berdasarkan surat dari Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah Nomor 556/2560 tentang rekomendasi pembukaan Karimunjawa secara bertahap dan terbatas.

Konditu yang menjadikan bupati Jepara memberikan rekomendasi pembukaan kembali kawasan wisata Karimunjawa. Meskipun dibuka, kegiatan kepariwisataan harus mematuhi peraturan yang berlaku dengan pembatasan kegiatan masyarakat, menerapkan protokol kesehatan, adaptasi kebiasan baru covid-19, dan selalu berkoordinasi dengan tim satgas Covid-19 Jepara.

Kabid Destinasi Pariwisata pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Jepara Nur Zuhruf menegaskan, pembukaan pariwisata Karimunjawa masih terbatas. Bahkan, untuk taman Nasional Karimunjawa hanya dibatasi 100 wisatawan per minggu. 

Menurutnya, ada sejumlah aturan yang juga harus dipatuhi wisatawan. Di antaranya, rapid test sebelum berangkat ke Karimunjawa. “Ada syarat itu untuk bisa mengikuti penyeberangan ke Karimunjawa,” terangnya.

Wisatawan juga diharapkan selalu mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan, dan selalu menjaga jarak. 

Jumlah penumpang kapal penyeberangan juga dibatasi hanya 50 persen dari kapasitas. Anak-anak dan lansia juga dilarang untuk mengikuti perjalanan wisata ke Karimunjawa. “Tiket anak-anak sudah tidak dijual untuk semua kapal penyeberangan,” ungkapnya. (epi)

Tidak ada komentar untuk " Dibuka, Wisata ke Karimunjawa"