-->

Notification

×

Iklan atas tengah

Iklan

Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

Evakuasi Longsor di Lembang Bandung Barat, Petugas Kerahkan Alat Berat dan Mobil Damkar

Minggu, 27 November 2022 | November 27, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-27T13:15:06Z
Longsor terjadi di Desa Cibodas Lembang, Bandung Barat, petugas mengevakuasi menggunakan alat berat. (foto: istimewa)


BANDUNG BARAT| SekitarKita.net- Petugas gabungan mengevakuasi material tanah longsor di Jalan Maribaya, Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada Minggu 27/11/2022 sore.


Camat Lembang, Herman Permadi mengatakan, peristiwa longsor sekitar pukul 10.00 WIB itu terjadi akibat hujan deras dengan intensitas sedang terus menerus mengguyur wilayah Lembang kemarin. 


"Karena longsoran awal hanya sedikit kemudian oleh petugas BPBD dan PU atas saran dari kepolisian mengantisipasi korban jiwa maka tebing nya dipapas sekalian," kata Herman saat dihubungi SekitarKita.net, Minggu 27 November 2022.

Mobil damkar dikerahkan untuk membersihkan sisa material longsoran di Lembang.


Ia menyebut, pihaknya menutup akses jalan menuju wisata dan menunggu alat berat serta mobil damkar untuk melakukan evakuasi sisa bekas longsoran.  


"Sementara akses jalan menuju wisata ditutup, menunggu alat berat Beko dan mobil damkar untuk membersihkan sisa bekas longsor menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, Alhamdulillah tidak ada korban jiwa," sambungnya.


Sementara itu, Kepala Desa Cibodas, Dindin Sukaya mengatakan, longsor tersebut terjadi saat cuaca sedang panas. Namun, bencana tersebut dipicu curah hujan deras kemarin.

"Akibat longsor yang terjadi, jalan penghubung antar dua desa, termasuk tempat wisata di Maribaya terpaksa ditutup untuk sementara waktu," terangnya.


Meski begitu, sebut dia, ada dua jalan alternatif yang digunakan meski cukup sulit dilewati, yakni Jalan Cibodas ke Wangunharja.


"Meski kecil, warga yang menggunakan kendaraan roda dua masih bisa melintas," ujarnya.

"Alhamdulillah tim gabungan dari Polres Cimahi, Polsek Lembang, BPBD KBB dan perangkat kecamatan serta desa turut membantu mengevakuasi longsoran tanah tersebut," sambungnya.


Ia mengaku, pihaknya saat ini tengah menunggu kedatangan alat berat, yakni mobil pemadam kebakaran untuk menyemprot material tanah.


"Meski longsor yang menerjang wilayahnya kecil. Namun, pihaknya khawatir longsor susulan terjadi dan menimbulkan korban, sehingga jalan di lokasi longsor ditutup total," bebernya.


Kasatlantas Polres Cimahi, AKP Sudirianto menjelaskan, akibat longsor di Jalan Maribaya menuju Cibodas ini, pihaknya melakukan tindakan penutupan arus lalu lintas sementara di sepanjang jalur tersebut.



"Kami bekerjasama dengan BPBD KBB, Kecamatan dan Desa Cibodas untuk melakukan evakuasi material longsor," tuturnya.


Selain itu, tambah dia, pihaknya pun memanggil Damkar KBB untuk membersihkan material longsor dan mendatangkan beko untuk mendorong serta mengeruk longsor.


"Untuk jalur kami alihkan ke jalur kecil, yang dari arah Lembang ke Cibodas kita alihkan ke Wangunsari. Sedangkan, dari arah Cibodas kita tutup sementara," pungkasnya.***