-->

Notification

×

Iklan atas tengah

Iklan

Lika Liku Perjalanan Soraya Liberty di Entertainment: Hati-hati Dunianya Riskan HIV

Selasa, 22 November 2022 | November 22, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-22T11:07:46Z
Soraya Liberty, penyanyi dangdut asal Kota Bandung.

BANDUNG BARAT|Sekitarkita.net- Siapa yang tidak kenal dengan penyanyi dangdut Soraya Liberty, namun tidak banyak yang tau ternyata biduan parahyangan asal kota kembang Bandung ini pernah menjadi Qoriah dan pendakwah cilik di radio-radio di kota kembang.


Awal mula karir soraya terbentuk dari banyaknya job berdakwah dan menjadi Qoriah cilik di berbagai radio di kota Bandung, namun saat menginjak usia remaja, saat soraya duduk di bangku sekolah menengah atas(SMA) dia mengibarkan sayapnya dengan bernyanyi, karena bakat terpendam soraya ternyata bernyanyi.


Saat menginjak bangku kelas tiga SMA, soraya mencoba mengikuti lomba-lomba/ festival, sampai masuk media televisi lokal TVRI Bandung, dalam acara Selendang Dangdut, ia ternyata banyak menyabet beberapa penghargaan.


Berawal dari situlah, nama Soraya Liberty mulai dikenal dikanca industri musik dan di bidik oleh group-group dangdut di kota Bandung untuk berkolaborasi.


Dalam menitih karirnya di dunia musik, semula soraya tak mendapatkan dukungan dari keluarga, berbekal percaya diri dan ia berjalan sendiri tanpa mengikuti les musik maupun kursus (otodidak) kini membuahkan hasil.


Bergelut dengan waktu dan pikiran, bakat terpendam Soraya dalam bernyanyi melekat hingga kini ia dijuluki ratu dangdut di Kota Bandung. 


"Awalnya keluarga tidak mendukung profesi nyanyi, karena mamah lebih seneng kalo saya berdakwah dan menjadi Qoriah, namun dengan berjalan nya waktu dan saya bisa buktikan bahwa walaupun berkarir di dunia Entertainment, InsyaAllah saya akan tetap di jalur yang lurus", ungkap soraya


Hiruk pikuk dunia Entertainment dia geluti sudah hampir 20 tahun lamanya terhitung sampai sekarang, banyaknya pesaing biduan dangdut di Indonesia, ia harus dituntut untuk tetap eksistensi dalam bernyanyi.

job manggung yang sudah melanglang buana pernah soraya jalani dengan fans yang cukup banyak dari berbagai kota.


Soraya Lover, yakni nama fans dan terbentuk untuk para komunitas fans yang memang menggemari sosok Soraya, tercacat hingga sekarang terhitung 2300 penggemar di kota Bandung dan diberbagai kota lainnya.


Selama 20 tahun di dunia entertainment yang soraya geluti sampai ia berhasil recording hampir 10 tahun, kini dia meluncurkan 14 single lagu dan 1 album dengan label dan memproduseri serta juga menciptakan lagu sendiri dari hasil kerja keras (otodidak).


Soraya kini banyak di kenal tidak hanya di televisi lokal saja bahkan sudah merambah ke televisi nasional, terakhir dia mengisi acara di ANTV, sehingga respon keluarga untuk pencapaian Soraya berbalik mendukung sepenuhnya yang tadinya menolak, karena dunia entertainment penuh dengan sorotan negatif. 


Di balik gemerlapnya panggung dunia entertainment yang banyak bersinggungan dengan hal negatif seperti hiburan malam,alkohol, bahkan Sex bebas,yang banyak menulari pasangannya, ternyata sosok Soraya Liberty sangat menghindari semua hal itu, justru Soraya saat ini menjadi Duta HIV AID. 


Di ketahui Soraya bahwa untuk di Jawa Barat saja hampir 95% data pengidap HIV sudah hampir mencapai puncak zona merah, untuk penyebarannya pun tidak bisa terdeteksi. 


"Badan yang semok serta cantik tidak menjamin bahwa seseorang itu tidak akan tertular Virus HIV, jikalau gaya hidupnya tidak steril dari semua faktor yang menunjang cepatnya penularan HIV," ujarnya.


Soraya menghimbau untuk para pemula yang ingin masuk dunia Entertainment, supaya jangan tergoda oleh iming-iming popularitas yang menghalalkan segala cara. 


"Kita harus fokus saja dengan bakat bernyanyi yang kita miliki, jangan teriming-iming oleh cuan yang bisa menjerumuskan kita pada dunia hitam, intinya jangan menghalalkan segala cara untuk menjadi terkenal," pungkasnya.***


Penulis: Tina

Editor: Abdul Kholilulloh