-->

Notification

×

Iklan atas tengah

Iklan

Terduga Maling Terekam CCTV, Kantor PUPR Bandung Barat Kebobolan

Jumat, 18 November 2022 | November 18, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-18T11:01:08Z
Kantor PUPR Bandung Barat di gedung B kebobolan maling (foto: Abdul Kholilulloh)


BANDUNG BARAT| SekitarKita.net,- Baru-baru ini aksi pencurian terjadi di Gedung B kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) kompleks Pemerintah Daerah (Pemda), Kabupaten Bandung Barat (KBB). 


Terduga maling berjumlah dua orang itu terekam jelas kamera pengintai CCTV yang terpasang dilokasi, pada Kamis 17 November 2022, sekira pukul 12.30 WIB.

 

Dimana korbannya sendiri yakni Harri Rachman (37) warga kampung Cupu Jalan Cupumanik, RT02/RW08, Desa Rancamekar, Kecamatan Baleendah, yang merupakan seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) di KBB.


"Ya kang, pas kejadian saya lagi istirahat dan sholat dan setelah kembali dalam keadaan terbongkar, barang yang hilang 1 buah dompet warna coklat," katanya saat ditemui SekitarKita.net di Padalarang, Kamis (17/11/2022) malam.


Ia mengatakan, terduga maling itu sebelumnya dicurigai lantaran mondar mandir dilokasi tersebut dalam posisi ruangan kosong. Berbekal kamera CCTV pihaknya langsung melapor kepihak Kepolisian.

Tangkap layar CCTV terduga pelaku merangsak masuk kedalam ruang kerja Sepri Kadis PUTR dan berhasil menggondol tas berwarna coklat berisi uang tunai dan emas. 


"Dari hasil rekaman kuat CCTV saya langsung ke Polsek Padalarang untuk melaporkan kejadian ini, Alhamdulillah sudah ditangani," sebutnya.


Harri menjelaskan, adapun barang yang berhasil di gondol yakni, uang tunai jutaan rupiah, logam mulia dan cincin emas didalam dompet.


"Ada KTP atas nama Agus Sunarya, surat-surat, uang 2 juta, logam mulia 2 gram, cincin emas 3-4 gram," jelasnya.


Terpisah, Kasatpol PP KBB, Asep Sehabudin menegaskan, aksi pencurian itu terjadi usai dirinya melakukan monitoring di kompleks perkantoran Pemda.

Kasatpol PP KBB, Asep Sehabudin.

"Betul ada laporan pencurian pas jam istirahat, pas kebetulan kami sedang melakukan giat keliling di gedung perkantoran, saat itu saya sempat masuk ke Gedung PUPR untuk meninjau situasi akhir tahun, sempat berpapasan dengan terduga pelaku," katanya saat ditemui di kantor, Jum'at (18/11/2022).


Ia menjelaskan, seperti biasa setiap akhir tahun SKPD khusus nya PUPR dan dinas Keuangan banyak kegiatan pencairan dan saat itu pihaknya memantau sebagaimana mestinya. 


"Namun saat saya kembali dari kegiatan dan turun dari lantai tiga terdengar adanya keributan, bahwa telah ada tindakan pencurian," ungkap Asep.


Pada saat itu belum diketahui siapa pelaku pencurian tersebut, namun, kata Asep kembali, berbekal CCTV untuk mengetahui orang yang mencuri dan segera melaporkan ke pihak kepolisian untuk di tindak lanjuti.


"Kami serahkan dan percayakan kepada Polsek Padalarang khususnya Polres Cimahi untuk mengusut tuntas dan dihukum pelaku seberat-beratnya," terangnya.

Terduga pelaku terekam jelas kamera pengintai CCTV di lokasi diruangan Sepri Kadis PUTR KBB.


Disinggung terkait pengamanan di wilayah Pemda KBB, pihaknya menyebut, akan lebih memperketat keamanan dengan memasang personel satpol PP dilokasi kejadian.


"Kami pasang personel dari kemaren kejadian dan sampai sekarang, untuk terkait masalah pengamanan internal, memang idealnya adalah tugas Kamdal (keamanan dalam), namun selama ini sudah di serahkan ke Asisten umum, dan selebihnya belum ada pihak ke 3 yang bersedia untuk berkenan melaksanakan tugas tersebut," sebutnya.


Personel Satpol PP KBB melakukan pengamanan ketat baik di luar maupun didalam gedung B. (foto: Abdul Kholilulloh).


"Dari Satpol-pp sudah melakukan tugas masing-masing di beberapa titik, di gedung (C), gedung (B) dan Gedung (A) sesuai tugas dan kemampuan Satpol-PP, walaupun memang saat ini Dinas Satpol-PP sedang kekurangan personel," sambungnya.


Kendati itu, ia menghimbau untuk rekan- rekan khususnya ASN di KBB, setelah kejadian ini untuk bisa lebih berhati-hati dalam menjaga barang masing-masing, harus perspektif, dengan demikian akan mengurangi dampak yang tidak di ingin kan seperti kasus pencurian.


"Jadi untuk semua dinas yang ada di kantor Kabupaten Bandung Barat ini harus mempunyai rasa memiliki barangnya masing-masing, dan bukan rasa ingin memiliki barang orang lain, dan SKPD yang lain harus lebih memperhatikan dari sisi keamanan," tutup Asep.


Kapolsek Padalarang, Kompol Darwan saat dihubungi membenarkan adanya aksi pencurian yang terjadi di Kantor PUPR KBB.


"Iya sudah ada laporan, sedang kami dalami, pungkasnya.



Penulis: Tina

Editor: Abdul Kholilulloh