-->

Notification

×

Iklan atas tengah

Iklan

Update, Sejumlah Rumah Rusak di Lima Kecamatan, BPBD KBB sisir Wilayah Terdampak

Senin, 21 November 2022 | November 21, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-21T18:38:43Z
Lima kecamatan di Bandung Barat terdampak gempa bumi yang berpusat di Cianjur.


BANDUNG BARAT| SekitarKita.net-Guncangan terjadi di sejumlah wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB) saat peristiwa gempa bumi dengan kekuatan 5,6 magnitudo yang terjadi di 10 kilometer Barat Daya Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada pukul 13.21 WIB.



Hal ini dikatakan langsung, Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, Duddy Prabowo, pihaknya langsung melakukan penyisiran ke wilayah yang terdampak guncangan.


“Kami (BPBD) dibantu perangkat desa setempat sudah menyisir beberapa wilayah di daerah, sedikitnya ada 4 rumah di 4 kecamatan yang bangunannya rusak,” kata Duddy saat dihubungi wartawan, Senin 21 November 2022.


Berdasarkan catatan yang dimilikinya, 4 rumah yang rusak itu berada di Desa Kertamukti, Kecamatan Cipatat, Desa Cintaasih, Kecamatan Cipongkor, Desa Sukaresmi, Kecamatan Rongga dan Desa Mekarjaya, Kecamatan Cihampelas, Desa Ciptagumati, Kecamatan Cikalongwetan.

“Jadi yang rusak ringan itu ada 3 rumah, rusak berat 1, lalu selain rumah sarana ibadah pun rusak ringan,” ungkapnya.


Kendati demikian, pihaknya mengimbau agar masyarakat segera memeriksa bangunan-bangunan di sekitarnya, untuk menghindari robohan bangunan, dan segera melaporkan jika berdampak gempa bumi yang berpusat di Cianjur.



“Saat ini kami baru mendata itu, namun jika ditemukan ada rumah yang rusak, bisa dilaporkan langsung ke pihak pemerintah terdekat terimakasih kerjasama hindari bangunan tinggi dan usang apalagi di area pepohonan jika terjadi gempa, segera keluar dari rumah jika ada peristiwa serupa,” tutupnya.


Berdasarkan pantauan SekitarKita.net pukul 13.22 WIB, di Kabupaten Bandung Barat, getaran dirasakan hampir merata diseluruh wilayah hingga 4 sampai 5 detik secara singkat.



Di Gedung Perkantoran DPRD KBB, gempa juga dirasakan oleh para pegawai aparatur sipil negara (ASB) yang tengah bertugas.


Sebagian orang di dalam gedung pun berlari ke halaman untuk mewaspadai guncangan yang yerasa cukup besar.


Selain itu juga di berapa sekolah di Padalarang serta kantor Damkar KBB, terjadi kepanikan saat melakukan kegiatan dan aktivitas.


Reporter: Cepi/ Yuda Permana

Editor: Abdul Kholilulloh